Powered By Blogger

Follow my account

Instagram: indriawulann
Facebook: indria wulandari

Sabtu, 18 Oktober 2014

"Berjuta Rasanya - Tere Liye"

Sinopsis "Berjuta Rasanya - Tere Liye" (direkomendasikan)


Judul : Berjuta Rasanya
Genre : Romantis, Fiksi
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Mahaka Publishing
ISBN : 978-602-9474-03-9
Halaman : vi + 205 hal






Semua sudah pasti tahu dong sama om Tere Liye, penulis inspiratif yang telah menerbitkan beberapa belas buku di Indonesia. Kali ini saya akan memberikan gambaran tentang salah satu karyanya yang berjudul “Berjuta Rasanya”. Buku ini berisikan 15 cerita pendek tentang dunia cinta yang mengharu biru.

Langsung saja masuk ke cerita pertama yang berjudul “Bila Semua Wanita Cantik”. Mengisahkan dua orang perempuan yang merasa dirinya memiliki kekurangan. Perempuan pertama bertubuh gendut bernama Vin dan Josephine yang bertubuh kurus dan memiliki banyak jerawat.
Quote keren yang ada di cerita ini :
Cantik itu relatif.
Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga ajan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi,  maka suatu hari juga ia akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.

Cerita kedua berjudul “Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku”. Ini bercerita tentang ke-GR-an yang melanda seseorang jika sedang jatuh cinta. Menganggap setiap kejadian kecil adalah pertanda besar.
Kata-kata yang wah banget di pikiran aku:
Ya Tuhan, aku sempurna tertikam oleh ilusiku sendiri. Pengkhianatan oleh hatiku yang sibuk menguntai simpul pertanda cinta.

Cerita ketiga berjudul “Cinta Zooplankton”. Sebuah kisah tentang persahabatn, di mana seorang perempuan bernama Ayu yang mau saja dibodohi oleh Topan, dan sahabatnya Dian yang selalu menasehati Ayu dalam urusan cinta. Dian pun memberikan julukan untuk Topan, yaitu Hiu yang berada di piramida makanan teratas, sedangkan Ayu tepat berada di strata terbawah yaitu zooplankton. Dian yang berpikiran bahwa Topan tidak akan berubah, kaget setelah beberapa tahun tidak bertemu dengan Ayu yang ternyata telah menikah dengan Topan.
Kata-kata yang menghentakkan perasaanku :
Tentu saja semua orang bisa berubah. Tentu saja cinta yang besar bisa menjadi energi utnuk membuat perubahan tersebut.

Cerita keempat berjudul “Cintanometer”. Mengisahkan tentang sebuah tempat yang memiliki ilmu pengetahuan yang luar biasa hebatnya. Suatu hari, karena angka pernikahan anak muda turun amat tajam, maka dibuatlah sebuah alat pendeteksi cinta yaitu cintanometer. Namun dampak buruk yang didapatkan oleh alat ini adalah ketiadaan romantisme cinta, hidup mereka menjadi sistematis, terukur, dan tidak menarik lagi. Tidak ada yang memahami arti cinta sesungguhnya.
“Cinta adalah urusan langit dan tidak sepantasnya mereka mencoba mengakalinya.”

Cerita kelima adalah “Harga Sebuah Pertemuan”. Cerita ini sangat menarik dan menakjubkan karena hanya keinginan untuk bertemu. Silahkan baca sendiri bukunya jika penasaran.

Cerita keenam adalak “Kotak-kotak Kehidupan Andrei”. Cerita ini bikin aku penasaran sampai sekarang. Kisah yang unik dan menarik, dikemas dalam kata-kata yang cantik.
Quote terakhirnya dalam cerita ini:
“Nak, apakah ada yang pernah berpikir hidup ini bukan soal pilihan? Karena jika hidup hanya sebatas soal pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu?”

Cerita ketujuh berjudul “Mimpi-mimpi Laila-Majnun”. Kalian pasti sudah mempunyai gambaran tentang kisah ini.

Lanjut cerita kedelapan berjudul “Kutukan Kecantikan Miss X”. Siapapun yang melihat parasnya yang elok, maka akan jatuh cinta kepadanya hingga tak sadar bahwa bukan hanya wanita itu saja yang ada di dunia.

Lanjut cerita kesembilan berjudul “LOVE ver 7.0 & MARRIED Ver 9.0”, cerita ini merupakan sambungan dari cerita “Cintanometer”.

Cerita kesepuluh berjudul “Kupu-kupu Monarch”. Kisah legenda tentang cinta sejati yang rela berkorban, namun dikhianati. Kisahnya agak tragis sih, namun memberikan pelajaran yang hebat.
Pasangan-pasangan lain hari ini juga berpisah karena alasan-alasan yang sepele. Bosan. Merasa terkekang. Merasa pasangannya sudah berubah. Atau bahkan hanya karena alasan-alasan yang dicari. Apakah itu cinta kalau kau setiap saat bisa jatuh cinta lagi dengan gadis lain? Dengan pemuda lain? Esok lusa, alasan mereka berpisah akan  semakin sepele. Bahkan mungkin mereka tidak perlu alasan lagi untuk berpisah.

Cerita kesebelas berjudul “Joni dan Doni”, dua kisah yang berbeda tapi memiliki akhir yang sama, sama-sama tragis dan menyedihkan.

Cerita keduabelas berjudul “Kutukan Kecantikan Miss X-2”, sambungan dari cerita “Kutukan Kecantikan Miss X”.

Cerita ketigabelas berjudul “Lili dan Tiga Pria”. Wah, kisahnya unik dan menakjubkan. Silahkan baca sendiri ya. (Biar penasaran).

Cerita keempat belas berjudul “Pandangan Pertama Zalavia”. Sebuah kisah yang diawali mas kecil, dan diakhiri tentang tragisnya cinta yang dia rasakan ketika dewasa.
“Kakeknya hanya benar satu hal. Hanya satu hal. Kalian tidak memerlukan mata untuk memandang cinta sejatimu. Tidak memerlukan kelopak mata untuk melihatnya. Ia selalu datang, tak pernah tersesat.”
Cerita kelimabelas atau yang terakhir berjudul “Antara Kau dan Aku”. Mengajarkan kita untuk belajar berani dan jangan membohongi diri sendiri.

Dan saya merekomendasikan Anda semua untuk membaca cerita di novel ini. Karena memberikan banyak pelajaran tentang kehidupan cinta yang amburadul tak karuan. Selamat membaca dan menikmati.

Gambar :
http://www.goodreads.com/book/show/13600043-berjuta-rasanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar